Contact | Sitemap | Announcement | Privacy Policy | Disclaimer |
$value) { if (strpos($param, 'color_') === 0) { google_append_color($google_ad_url, $param); } else if (strpos($param, 'url') === 0) { $google_scheme = ($GLOBALS['google']['https'] == 'on') ? 'https://' : 'http://'; google_append_url($google_ad_url, $param, $google_scheme . $GLOBALS['google'][$param]); } else { google_append_globals($google_ad_url, $param); } } return $google_ad_url; } $google_ad_handle = @fopen(google_get_ad_url(), 'r'); if ($google_ad_handle) { while (!feof($google_ad_handle)) { echo fread($google_ad_handle, 8192); } fclose($google_ad_handle); } ?>

Translate

Friday, May 11, 2012

Dasar-dasar php

Mengenal Struktur PHP 
     Script atau Kode php biasanya terintrgrasiatau berada dalam kode HTML.Jika sebelumnya KIta Belaajar HTML pasti sudah mengetahu format-format dasar dari HTML umumnya seperti ini:

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8" />
<title>Untitled Document</title>
</head>

<!------Disini script HTML dan PHP nya -------->

<body>
</body>
</html>


JIka script php telah disisipka kedalam HTML maka halaman terebut bukan lagi bersifat statis, tapi akan menjadi DINAMIS .contohnya seperti ini:




Cara yang paling banyak di gunakan adalah cara yang pertama dan yang kedua,selain itu juga ada beberapa hal yang harus di perhatiakan jika anda menulis kode php, diantaranya sebagai berikut:

#. Php mempunyai aturan-aturan disetiap penulisan pada tiap-tiap baris selau di beri tanda titik koma (";")
#. Anda juga bisa menyisipkan komentar pada baris php cara meletakannya untuk baris pertama   meletakannya di sebelah kanan tanda // jika barisnya melibihi satu baris tandanya seperti ini /* di akhir */  contohnya sebagai berikut:


Cara yang paling banyak di gunakan adalah cara yang pertama dan yang kedua,selain itu juga ada beberapa hal yang harus di perhatiakan jika anda menulis kode php, diantaranya sebagai berikut:

#. Php mempunyai aturan-aturan disetiap penulisan pada tiap-tiap baris selau di beri tanda titik koma (";")
#. Anda juga bisa menyisipkan komentar pada baris php cara meletakannya untuk baris pertama meletakannya di sebelah kanan tanda // jika barisnya melibihi satu baris tandanya seperti ini /* di akhir */ contohnya sebagai berikut:


<?php
//komentar satu baris
/*komentar dengan beberapa baris
dengan cara seperti ini*/


Selanjutnya untuk mambuat kode php tersebut anda bisa menggunakan web editor yang anda miliki seperti dreamweaper,php editor dan masih banyak program-program untuk membuat kode php , anda juga bisa menggunakan notepad bawaan dari windows untuk penulisan kode php.

Berikutnya kita langsung buka saja notepad. buat yang belum tahu caranya KLIK star - Program - Accesories - Notepad , setelah terbuka tuliskan kodenya seperti ini copy paste juga boleh tapi buat yang pemula lebih baik di ketik ulang biar terbiasa.

<html>
<head>
<title>Belajar PHP dan HTML</title>
</head>
<body>
ini kode HTML <br />
<?php echo "ini namanya kode php"; ?><br/>
<?php echo ("penulisan kode php seperti ini juga bisa"); ?>
</body>
</html>
==================================================

Selanjutnya anda simpan kode php ke direktori file server dengan menggunakan tipe file php contohnya seperti ini (belajar.php)
jangan lupa pada bagian Save as type  harus ALL Files
selanjutnya buka pada web Browser anda (dengan MOZila firefox atau IE)
Mudah-mudahan buat yang baru saja mengenal php bisa membantu.















No comments: